Sabtu, 10 Oktober 2015

Kolagen untuk Kulit Senantiasa Muda

Kolagen adalah sejenis protein yang terdiri dari asam amino-, yang terbentuk dari karbon, oksigen dan hidrogen. Kolagen mengandung asam amino tertentu seperti Glycine, Proline, hydroxyproline dan Arginine. Tubuh manusia terdiri dari 25 jenis kolagen yang mengisi 25-30 persen dari total protein tubuh manusia. Sebagai bagian dari protein alami, jaringan ini memberikan dukungan struktur pada kulit, mata, gusi, mulut, lidah, kuku, rambut, juga otot, tulang dan gigi, yaitu berupa tekstur dan kekenyalan.
Perbandingan struktur kulit muda dan kulit kendur


Kolagen merupakan komponen utama lapisan kulit di bawah epidermis –kulit bagian terluar- yang dibentuk oleh sel fibroblast. Kulit manusia,75 persennya dibentuk oleh jaringan kolagen. Kolagen terbentuk dari serat-serat yang saling menenun, sehingga membentuk sebuah kerangka tempat sel-sel baru tumbuh dan berkembang. Selain menjaga elastisitas kulit, menjaga kekenyalan otot, kolagen juga bertugas mengembalikan fungsi jaringan tubuh yang menurun, pada. Singkatnya, kolagen berperan penting dalam menjaga kecantikan dan kesehatan Anda.

Seiring bertambahnya usia, kolagen yang ada dalam tubuh kita semakin berkurang. Pada saat usia 25 tahun, kulit kita akan mulai kehilangan kolagen 1.5% setiap tahun. puncaknya 50% kolagen lenyap pada usia 60 tahun. Berkurangnya kolagen akan menimbulkan  keluhan-keluhan pada kulit, seperti keriput, kendur, kering dan  tidak kenyal.

Mengapa Kolagen Sangat Penting Bagi Tubuh

Kolagen diibaratkan sebagai lem yang menyatukan tubuh manusia secara bersamaan. Tanpa kolagen tubuh akan terpisah secara harfiahnya. Kolagen memberikan kekuatan untuk struktur tubuh dan melindungi struktur kulit dengan mencegah penyebaran zat pathogen, zat beracun lainnya, mikro organism dan sel-sel kanker. Kolagen juga dapat memberikan elastisitas, kelenturan, kekenyalan, kelembaban dan ketahanan pada kulit. Dengan kulit yang masih elastis inilah seseorang akan terlihat awet muda bebas dari keriput walaupun usia sudah 40 tahun ke atas.
Karena kolagen sangat penting dalam tubuh, maka bisa dipastikan bahwa kekurangan kolagen bisa menimbulkan masalah. Pada wanita yang memasuki masa menopause, penurunan jumlah kolagen terjadi semakin cepat karena tubuh berhenti memproduksi estrogen. Akibatnya? Kulit keriput,
mata  kering, otot mengecil, rambut kusam, kuku menjadi rapuh, gusi mengecil
(menyusut). Berkurangnya kolagen juga menyebabkan mundurnya fungsi ujung saraf
sehingga menimbulkan rasa gatal pada kulit dan formikasi, yaitu rasa gatal, seolah ada serangga merayap di kulit


4  Sumber  Kolagen
Kita dapat menambah asupan kolagen dari berbagai sumber seperti:
a. Buah dan Sayur yang Mengandung Vitamin C dan Antioksidan
Buah yang mengandung banyak vitamin C dan antioksidan adalah penghasil kolagen yang besar. Seperti buah jeruk, strawberry, wortel, apel, jambu, lemon, pepaya, dan tomat. Tomat mengandung sejumlah lycopene, zat yang membantu tubuh kita melawan kolagenase. Kolagenase adalah enzim yang menghancurkan senyawa kolagen pada tubuh manusia.
Sayuran juga merupakan pilihan terbaik untuk menambah senyawa kolagen dalam tubuh kita. Pilih sayuran yang mengandung vitamin C dan K seperti: brokoli, kubis, bawang putih, terong, asparagus, kembang kol dan bayam. Selain sayuran, jamur juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dengannya produksi kolagen diharapkan naik kembali
b. Produk Kedelai dan kacang-kacangan lainnya.
Kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang menghasilkan kolagen dan memerangi penuaan pada kulit. Selain kedelai, kacang merah dan kacang hijau dapat menjadi alternative konsumsi yang menyehatkan.  Beberapa produsen membuat produk turunan seoerti susu kedelai, susu kacang hijau, tempe dan tahu.
c. Makanan yang Mengandung Omega3
Omega3 adalah asam lemak yang dianggap sebagai lemak baik. Omega3 menjadikan kulit halus, kenyal dan lembut sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara teratur. Omega3 banyak ditemukan pada aneka ikan laut, telur dan kenari.
d. Sumber Kolagen lainnya:
1.       SuplemenKolagen
3.       Kosmetikkolagen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar