Rabu, 21 Oktober 2015

6 Manfaat Olahraga untuk Kecantikan

skincarebagus.com. Olahraga merupakan kegiatan yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. Olahraga menyehatkan organ-organ di dalam tubuh, membantu proses pembuangan racun yang berada di dalam tubuh, baik racun yang didapat dari polusi udara, ataupun racun hasil pengolahan metabolisme.
Selain menyehatkan, olahraga juga bisa digunakan untuk menjaga kecantikan, setara dengan facial alami. Ketika berolahraga pori-pori akan membesar dan mampu mengeluarkan minyak dan debu yang biasanya terperangkap di dalam kulit wajah. Agar olahraga menjadi facial alami mampu bekerja dengan maksimal jangan gunakan make up saat anda berolahraga, dan segeralah mandi atau cuci muka maksimal 30 menit setelah berolahraga. 
Oleh karena itu bagi anda yang ingin cantik berolahragalah dengan teratur, olahraga akan membuat kulit anda menjadi lebih sehat, kencang dan awet muda.


6 Manfaat Olahraga untuk Kecantikan 

1. Kulit tampak lebih cerah
Berolahraga dengan teratur membantu memperlancar aliran darah, nutrisi dan sirkulasi oksigen, termasuk pada kulit kita. Jika kulit mendapat aliran darah, nutrisi dan sirkulasi oksigen yang cukup lancar, maka kulit akan bebas dari masalah kulit, seperti kering, kusam dan kasar.
Asap rokok, polusi udara atau bahan kimia pada produk kecantikan berdampak buruk pada kulit kita. Radikal bebas akibat hal tersebut merusak kulit sehingga dapat menyebabkan jerawat, keriput atau flek. Dengan berolahraga, proses pengeluaran racun yang ada dalam tubuh kita berjalan lebih baik, melalui media keringat dan perbaikan metabolisme hati. Keringat membantu tubuh mengeluarkan zat-zat racun dalam tubuh melalui kulit, hati membantu menghancurkan racun dan membuangnya saat buang air besar.
Sirkulasi yang lancar dan racun dan sel mati yang dibuang dari kulit membuat kulit tampak semakin sehat, cerah dan berkilau.
2. Mencegah jerawat, membantu percepat penyembuhan jerawat dan bekas jerawat.
Jerawat biasanya disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan dan menyumbat pori-pori kulit. Sebum disebabkan oleh produksi hormon yang berlebihan. Dengan rutin berolahraga, kita bisa menyeimbangkan kadar hormon yang menyebabkan jerawat. Olahraga juga mampu menurunkan stres dan kadar hormon dalam darah. Dengan begitu, ini bisa mengurangi produksi sebum. Berkeringat saat berolahraga juga bisa menghilangkan sel kulit mati, minyak, dan zat racun dalam kulit. Untuk memaksimalkan pembuangan tersebut, sebaiknya hindari make up saat berolahraga, kemudian mandi atau mencuci wajah 15-30 menit setelah berolahraga.
3. Mencegah atau mengurangi kerutan
Kolagen adalah protein yang mendukung terbentuknya struktur kulit yang kenyal, kencang dan terlihat lebih sehat. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen semakin menurun yang mengakibatkan kulit menjadi kering dan berkerut. Produksi kolagen dapat dipacu dengan melakukan olahraga rutin karena sel kulit akan mendapatkan oksigen dan distribusi nutrisi yang baik sehingga kulit akan lentur bersinar, kerutan halus berkurang. Untuk mengoptimalkan kerja distribusi, jangan lupa minum air putih setidaknya 8 gelas per hari.
4. Rambut ikut sehat
Dibawah rambut kita, ada kulit kepala dan akar rambut, yang akan ikut merasakan manfaat olahraga. Sirkulasi darah ke kulit kepala dan akar rambut akan menjadi lancar bila kita rutin berolahraga dan hal ini memudahkan asupan nutrisi dalam darah diserap oleh rambut, membuat rambut kita tumbuh lebih cepat, lebat, serta sehat.
5. Untuk kesehatan payudara
Olahraga angkat beban membantu membentuk otot tubuh bagian dada menjadi lebih penuh, Olahraga terbaik untuk membentuk payudara adalah renang. Senam dan olahraga beban juga dapat membantu mengencangkan payudara. Selain dapat mengencangkan payudara, ada fungsi penting lain dari olahraga, yaitu mengurangi risiko terkena kanker payudara

6. Menurunkan Berat Badan dan Mengurangi Selulit

Olahraga yang baik, teratur dan terukur, sedikitnya 30 menit 3 kali sepekan, merupakan cara yang paling aman, efektif dan efisien untuk menurunkan berat badan. Olahraga akan membentuk massa otot, sehingga bukan hanya berat badan yang berkurang, tetapi tubuh juga menjadi lebih sintal berisi. Demikian juga selulit akan berkurang. 
Selulit terjadi akibat jalinan fibroblast tertarik dan membentuk kantung lemak. Selulit umumnya ada di bokong, paha belakang atau lengan dan membuat kulit menyerupai kulit jeruk. Kehadiran selulit akan mengganggu penampilan. Saat berolahraga, tubuh mengalami proses pembentukan dan peregangan otot sehingga selulit yang ada dapat dihilangkan, setidaknya dikurangi.
Setelah mengetahui bahwa olahraga juga bermanfaat untuk kecantikan, mari mulai rutin berolahraga, miliki jasmani yang sehat, dengan bonus kecantikan yang alami dan tahan lama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar